nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi penyelenggaraan acara Kepala Daerah Inovatif (KDI) di Bandung. 

"Penghargaan terhadap 35 kepala daerah inovatif ini mendorong daerah lain untuk bisa mencontoh, bisa bergerak sehingga kepala daerah mampu mengatur segala bentuk gerakan masyarakat," ujar Tjahjo.di Intercontinental Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, (11/8). 

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai poros pemerintahan, menurut Tjahjo, terus berupaya untuk membangun konektivitas, maka dari itu dibutuhkan inovasi dari pemerintah daerah itu sendiri. 

Terkait dengan reformasi peraturan yang ada di daerah, dia mengatakan hal tersebut guna memudahkan investor dan kalangan bisnis. Sebagaimana Nawa Cita Jokowi, membangun Indonesia dari pinggiran. Pembangunan yang ada harus berjalan baik terutama di desa-desa. 

Dalam hal ini kepala daerah menurut Tjahjo sangat berperan penting. Maka itu, setiap kepala daerah harus terus berinovasi. Dengan adanya inovasi dalam membangun daerah, daerah akan memiliki basis tujuan, baik tujuan wisata, ekonomi maupun budaya. (p/ab)